Hadori Musda IV Himpaudi Kabupaten Siak, ini kata Alfedri.

Hadori Musda IV Himpaudi Kabupaten Siak, ini kata Alfedri.

No Comments on Hadori Musda IV Himpaudi Kabupaten Siak, ini kata Alfedri.
Bupati Siak Alfedri hadiri Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Himpaudi Kabupaten Siak, yang dilaksanakan di Gedung Tengku Mahratu, Jum’at (19/3/2021). Dan mengambil tema “Himpaudi profesional dan mandiri, untuk mewujudkan kesetaraan pendidikan PAUD”.

Dalam penjelasannya, Pimpinan Wilayah Himpaudi Provinsi Riau Sri Wahyuni menjelaskan bahwa Himpaudi adalah suatu organisasi independen, yang menghimpun unsur pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini. “Sesuai data dari Himpaudi Kabupaten Siak, Jumlah anggota Himpaudi yang terdiri dari tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan se-Kabupaten Siak sebanyak ± 800 orang. Dengan jumlah lembaga sebanyak ± 191 lembaga. Dan jumlah peserta didik sebanyak ± 3.528 anak”, kata Wahyuni.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Siak sendiri telah membantu insentif pendidik Paud di Kabupaten Siak sebesar Rp. 500.000 s/d 550.000 per bulannya. Semoga PEMKAB Siak berkenan merumuskan kebijakan/regulasi untuk menaikkan honor pendidik/guru Paud. “Dari data di atas kami mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, yang konsen memberikan perhatian baik untuk kesejahteraan pendidik PAUD maupun keberlangsungan program, yang berpihak pada peningkatan mutu dan kualitas lembaga Pendidikan Anak Usia Dini khususnya di Kabupaten Siak”, ucap pimpinan Wilayah Himpaudi Provinsi Riau.

HIMPAUDI Kabupaten Siak masih memiliki tantangan besar ke depan dalam upayanya menjadikan kesetaraan bagi anggota-anggotanya. Adanya pendidik PAUD dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat dengan jumlah yang cukup besar yaitu ± 70%, dari jumlah pendidik se-Kabupaten Siak. Diharapkan akan ada kemudahan bagi pendidik PAUD yang akan melanjutkan ke jenjang S1 PAUD, dengan sistem pendidikan kuliah kelas jauh mungkin bisa di buka kembali dengan kerjasama Dinas Pendidikan di Kabupaten Siak.

Dalam sambutannya Bupati Siak menyampaikan, Kehadiran HIMPAUDI sangat penting dan strategis bagi perkembangan pendidikan anak usia dini, apalagi di tengah sibuknya para orang tua bekerja dan menyerahkan pendidikan anak kepada guru PAUD. Maka disitulah peran penting guru PAUD membentuk karakter anak, sehingga tak terpengaruh lingkungan yang negatif yang dapat merusak masa depan anak. “Sebagaimana kita ketahui bahwa pondasi dasar bagi kepribadian anak sejak anak dilahirkan hingga memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan atau disebut “golden age”, kata Alfedri.

Alfedri menambahkan, Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama, yang bermuara pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, cerdas dan mandiri.

“Oleh karena itu, ini menjadi forum yang sangat penting bagi Himpaudi karena di Kabupaten Siak ada 11 ribu lebih anak yang berusia Paud yang belajar di TK dan PAUD. Dari 11 ribu ini hanya ada 55 persen anak yang menikmati pelajaran. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan untuk usia Produktif bisa menguntungkan bagi kejayaan dan kemakmuran negeri. Ini merupakan tantangan bagi kita semua. Oleh karena itu kami berharap kita semua dapat bekerja dengan hati yang ikhlas demi anak-anak dimasa yang akan datang”, tutup Bupati Alfedri.

Pada Musda ke-IV tersebut, Zuraida Jamaludin ditunjuk dan dilantik sebagai Pimpinan Daerah Himpaudi Kabupaten Siak oleh Pimpinan Wilayah Himpaudi Provinsi Riau.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top