Inilah Status PPKM Level 2 dan 3 Kabupaten Kota di Riau

Inilah Status PPKM Level 2 dan 3 Kabupaten Kota di Riau

Inilah Status PPKM Level 2 dan 3 Kabupaten Kota di Riau

No Comments on Inilah Status PPKM Level 2 dan 3 Kabupaten Kota di Riau

Pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kembali menerbitkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk seluruh daerah termasuk di Provinsi Riau.

Instruksi Menteri (Inmendagri) Nomor 58 tahun 2021 ini, Tentang PPKM Level 3 tiga, Level 2 dua, dan Level 1 COVID-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Aturan ini ditetapkan sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan. Mulai berlaku pada tanggal 9 hingga 22 November 2021.

Berdasarkan Instruksi Mendagri tersebut, Kota Pekanbaru dan Dumai masih berada pada PPKM Level 2. Sementara, terdapat 3 Kabupaten yang turun dari level 3 ke level 2 yakni Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Kampar.

Kota Dumai danPekanbaru masih berada di PPKM level 2 lantaran capaian vaksinasi untuk Lansia belum mencapai 60 persen. Sehingga tidak bisa turun pada level 1, walaupun capaian vaksin untuk masyarakat umum sudah mencapai 78 persen.

“Pekanbaru dan Dumai masih level 2, ada tambahan 3 daerah Inhu, Siak dan Kampar. Sedangkan daerah lainnya, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Kuantan Singingi, masih level 3. Capaian vaksinasinya masih dibawah 40 persen,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (9/11/2021) di Pekanbaru.

Dijelaskan Mimi, bahwa Gubernur Riau akan mengirimkan surat kepada kepala daerah yang lamban melakukan vaksinasi massal. Hal ini untuk menggesa pencapaian target vaksinasi baik bagi masyarakat umum maupun lansia.

“Sesuai dengan isi dari Inmendagri untuk menggesa capaian vaksinasi, pelaksanaan dipercepat. Pak Gubernur juga akan membuat surat ke kepala daerah untuk peningkatan vaksinasi, mencapai target vaksin 70 persen. Nanti di acara hari kesehatan nasional kita juga akan mengadakan vaksinasi serentak untuk seluruh daerah,” kata Mimi.

Lebih lanjut, Mimi tetap mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Walaupun kasus positif COVID-19 di Riau menurun kita tetap patuhi prokes. Jangan sampai lengah dengan kondisi saat ini, tetap waspada dengan penyebaran COVID-19,” kata Mimi.

(Mediacenter Riau/ji)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top