Kampung Dayun Raih Juara 1 Lomba Desa Wisata se Riau

Kampung Dayun Raih Juara 1 Lomba Desa Wisata se Riau

Kampung Dayun Raih Juara 1 Lomba Desa Wisata se Riau

No Comments on Kampung Dayun Raih Juara 1 Lomba Desa Wisata se Riau

Dinas Pariwisata Provinsi (Dispar) Riau, menetapkan Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak sebagai juara 1 lomba Desa Wisata se Riau.

Dalam lomba tersebut, di ikuti oleh 12 Desa Wisata dari 12 Kabupaten kota di Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Siak Alfedri, Senin, (22/11/2021). Kata dia, penganugrahan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Riau kepada Penghulu Kampung Dayun, di Kawasan Embung Terpadu, Kampung Dayun, Jumat (19/11/2021) lalu.

“Semoga dengan adanya anugerah Desa Wisata ini, bisa menjadi motivasi untuk kita semua terus mengembangkan Desa Wisata yang ada di Kabupaten Siak,” kata Alfedri.

Alfedri menjelaskan, di Provinsi Riau, memiliki 1.859 Desa/Kelurahan yang tersebar di 12 kabupaten dan kota. Dari jumlah tersebut, 123 desa telah dicanangkan sebagai Desa Wisata.

“Untuk di Kabupaten Siak sendiri, ada 21 Desa Wisata. Desa Wisata itu, saat ini kelola oleh swadaya dan mandiri. Salah satunya Desa Wisata Dayun yang menjadi juara lomba Desa Wisata tahun 2021,” terangnya.

Lanjutnya, Desa Wisata Dayun tersebut mendapat bantuan Rp1,8 miliar dari Dana Desa dan bantuan dari swasta Rp1 miliar.

“Kini pendapatan di Desa Dayun per bulannya, bisa mencapai Rp25 Juta hingga Rp30 Juta. Hasilnya, untuk Pokdarwis dan Desa.

Lantaran telah melakukan pembinaan kepada Pokdarwis yang ada di Kabupaten Siak, Alfedri mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau serta dukungan stakeholder terkait lainnya.

 

Sumber riauaktual.com

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top