https://lanpha.online/ https://bolangcai.site/ https://crotdalam.online/

Ombudsman RI Apresiasi Program Bujang Kampung Hanya Dua di Indonesia

Ombudsman RI Apresiasi Program Bujang Kampung Hanya Dua di Indonesia

Ombudsman RI Apresiasi Program Bujang Kampung Hanya Dua di Indonesia

Tak ada komentar pada Ombudsman RI Apresiasi Program Bujang Kampung Hanya Dua di Indonesia

Bujang Kampung (Bupati Ngantor di Kampung) salah satu inovasi Bupati Siak Alfedri bersama wakil Bupati Siak Husni Merza yang diluncurkan tahun 2022 lalu, mendapat apresiasi dari Ombudsman RI.

Hal itu terungkap saat Bupati Siak Alfedri dan sejumlah kepala daerah lain melakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemda dengan Ombudsman Republik Indonesia tentang peningkatan kualitas pelayanan publik pencegahan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan Ombudsman meminta komitmen dari para kepala daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkeadilan. Pemkab Siak sendiri di apresiasi program bujang kampung.

”Dari sisi pelayan publik kita nih nilainya 10,8 persen. Artinya angka 10, 8 nih nilainya A tertinggi dari dua kabupaten kota di Riau yaitu Siak dan Bengkalis. Kita MoU yang di apresiasi oleh Ombudsman adalah program Bujang Kampung,”kata Bupati Alfedri, di Siak Sri Indrapura, Senin (27/2/2023).

Bujang kampung (Bupati Ngantor di kampung) dilaksanakan setiap minggu, hari Jum’at bersama Wakil Bupati dan sejumlah OPD membuka kios layanan bagi masyarakat di setiap kampung yang di jadwal turun bujang kampung. Warga yang hendak berurusan terutama administrasi ke pendudukan di silahkan

Terdapat 10 layanan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat kabupaten Siak. Mulai dari pelayanan kependudukan, Poskessos, dokter spesialis dan vaksinasi, Dapodik dan pendataan kesetaraan dan keaksaraan, Konsultasi pertanahan, Pelayanan UMKM, Pelayanan Mobil pustaka keliling, Pelayanan perpajakan dan Penyampaian program Baznas Siak.

“Ternyata pelayanan seperti bujang kampung ini, hanya ada dua se-Indonesia. Siak dan Banyuwangi. Bupatinya melaksanakan sebulan sekali, mereka menyebut bunga desa. Kalau di Siak, Bujang Kampung setiap minggu setiap hari Jum’at. Bupati dan wakil bupati kerja dan ngantor di kampung. Kalau cari Bupati dan Wakil Bupati di kantor hari Jum’at tak jumpo. Karena ngantor di kampung-kampung,”ucapnya.

Untuk melihat layanan tersebut benar-benar ada, perwakilan Ombudsman RI Jum’at lalu, melakukan survei langsung kelapangan. Untuk melihat pelaksanaan Bujang kampung di, di kampung Dayun, Kecamatan Dayun kabupaten Siak.

“Tujuan Bujang Kampung ini, bagaimana masyarakat di kampung di mudahkan dengan urusan administrasi, Layanan kesehatan. Termasuk sosialisasi tentang stunting, sanitasi dan program Pemkab Siak lainnya. Kami berharap bujang kampung ini menjadi contoh baik. Sehingga layan ini benar-benar di rasakan manfaatnya oleh masyarakat,”harap Alfedri.

Leave a comment



Back to Top

https://slot88.sister.bem.sinus.ac.id/