Penandatanganan Pakta Integritas dan Soft Launching Inapornet tahun 2020

Penandatanganan Pakta Integritas dan Soft Launching Inapornet tahun 2020

Penandatanganan Pakta Integritas dan Soft Launching Inapornet tahun 2020

No Comments on Penandatanganan Pakta Integritas dan Soft Launching Inapornet tahun 2020
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut menggelar acara penandatanganan Pakta Integritas dan Soft Launching Inapornet tahun 2020.
Kegiatan penandatanganan Pakta Integritas dan Soft Launching Inapornet tahun 2020 tersebut dibuka dan disaksikan langsung oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Indonesia di Aula Pertemuan Kementerian Perhubungan Indonesia Jakarta, hari Rabu tanggal 18 November 2020 dengan peserta dari jajaran Ditjen Perhubungan Laut dan sebanyak 20 Kepala KSOP se Indonesia yang wilayahnya tergabung dengan Inapornet tahun ini serta BUP PT. Samudera Siak, Pelindo 1 2, 3 dan 4 serta BUP PT Krakatau Bandar Indonesia termasuk juga Kepala Kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton, Wigyo, S.Sos, MH.
Inaportnet merupakan sistem layanan tunggal berbasis Internet yang mengintegrasikan Sistem Informasi kepelabuhanan. Dengan adanya sistem Inaportnet, para pengguna jasa secara online bisa memantau pergerakan kapal dan kontainer sehingga akan meningkatkan transparansi pelayanan. Sehingga tracking dokumen dan container dapat dilakukan dengan mudah dan transparan serta dapat meningkatkan kualitas dokumen dan paperless administration serta dapat mempersingkat waktu pelayanan dari 1-3 hari menjadi 30 menit yang mengakibatkan penurunan biaya logistic.

Sebelumnya Inaportnet sudah diterapkan di 33 pelabuhan yang ada di Indonesia. Sehingga tahun ini menjadi 53 Pelabuhan setelah dilakukan soft launching 20 Pelabuhan di Indonesia tersebut. Dirjen Perhubungan Laut dalam kata sambutannya berharap dengan implementasi Inaportnet tersebut maka pelayanan kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan dapat berjalan sesuai rencana, tepat waktu dan tepat guna. Dan semoga semua stakeholder dapat mendukung dan memanfaatkan semaksimal mungkin sistem inaportnet tersebut, sehingga kinerja layanan pelabuhan dapat terus ditingkatkan.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top