Penghargaan Kebudayaan Tahun 2015, Syamsuar Terima Pin Emas

Penghargaan Kebudayaan Tahun 2015, Syamsuar Terima Pin Emas

Penghargaan Kebudayaan Tahun 2015, Syamsuar Terima Pin Emas

No Comments on Penghargaan Kebudayaan Tahun 2015, Syamsuar Terima Pin Emas

Untuk kesekian kalinya, Kabupaten Siak kembali menorehkan sejarah di tingkat nasional. Prestasi menggembirakan dari Negeri Istana kali ini ialah diraihnya penghargaan Kebudayaan Tahun 2015 kategori Pemerintah Daerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (22/9), di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Penghargaan yang diserahkan dalam bentuk pin emas itu, disematkan langsung Mendikbud RI Anies Baswesdan kepada Bupati Siak Syamsuar. Pin emas ini sebagai bentuk apresiasi atas peran strategis yang telah dilakoni Pemkab Siak sebagai pembuat regulasi, memfasilitasi serta menciptakan iklim yang baik untuk tumbuh kembang kebudayaan lokal di Kabupaten Siak.

Mendikbud Anies Baswedan dalam sambutannya mengatakan, para tokoh yang mendapat penghargaan adalah pejuang kebudayaan. “Atas nama Pemerintah RI kita semua memberikan apresiasi kepada tokoh budaya yang tidak saja telah berupaya keras memelihara, tapi juga memajukan kebudayaan Indonesia. Terima kasih atas segala pengabdiannya” kata Anies.

Sementara itu, Syamsuar mengucap syukur atas penghargaan ini. “Kerja keras kita semua dalam mendorong kemajuan kearifan kebudayaan Melayu Siak, dan dengan spirit Siak The Truly Malay, kita bersyukur mendapatkan bentuk penghargaan ini. Ini jadi penyemangat bagi seniman dan budayawan lokal yang keberadaannya mungkin sudah mulai langka atau terlupakan,” kata Syamsuar.

Penghargaan Kebudayaan diberikan Kemendikbud kepada pemerintah daerah (kabupaten/kota) yang memiliki dan mengelola sumber daya alam dan budaya secara kreatif, berkeseimbangan dan berkelanjutan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Sehingga berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat dan menginspirasi masyarakat luas.

Kategori Pemerintah Daerah diberikan kepada Kabupaten Siak, sebagai kabupaten bekas Kerajaan Siak yang berdiri sejak tahun 1723. Berdasarkan penilaian Kemendikbud, hanya tiga Pemerintah Daerah saja yang berhasil meraih penghargaan prestisius bidang kebudayaan ini. Di antaranya Kabupaten Siak, Kabupaten Banyuwangi dan Kota Ternate.

Sumber riaumandiri.co, Senin 28 September 2015

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top